Rabu, 30 Januari 2013

Serba-Serbi Piala Dunia 2010 dalam Angka


Piala Dunia 2010 memberikan warna tersendiri dibandingkan dengan Piala Dunia-Piala Dunia lain yang telah berlalu, berikut beberapa statistik unik yang telah muncul selama sebulan terakhir setelah trofi Piala Dunia untuk kali pertama diangkat oleh Spanyol :

18.449 Adalah jumlah relawan yang terlibat langsung selama perhelatan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan berlangsung, yang tertua di antaranya ada yang berumur 80 tahun, memainkan peran besar dalam keberhasilan penyelenggaraan Piala Dunia itu sendiri.

669 umpan yang berhasil dilakukan oleh Xavi selama pertandingan sepanjang Piala Dunia sampai grand final, hanya 104 lebih yang mampu dilakukan oleh Bastian Schweinsteiger sebagai pengumpan kedua terbanyak setelah Xavi.
Xavi juga merupakan pemain yang melakukan umpan menyilang (crossing) sebanyak 42 kali, lebih sedikit daripada umpan crossing yang dilakukan Diego Forlan sebanyak 50 kali.

261 pelanggaran telah terjadi di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Turun secara signifikan dibandingkan dengan Piala Dunia Jerman 2006 yang terdapat pelanggaran sebanyak 346 kali. Konsekuensi dari statistik ini adalah bahwa kartu merah yang dibukukan juga berkurang, dengan hanya 17 kartu merah yang dikeluarkan wasit di Piala Dunia 2010 lebih sedikit dibandingkan dengan 26 kartu merah pada Piala Dunia empat tahun silam.

145 gol yang telah dicetak Piala Dunia 2010. Sebagai perolehan total gol paling rendah jika dibandingkan dengan setiap Piala Dunia sejak turnamen tersebut beralih ke format 64 pertandingan yang terbagi menjadi 8 grup. Format 64 pertandingan ini pertama digelar pada 12 tahun yang lalu, dengan total perolehan gol pada Piala Dunia Perancis 1998 sebanyak 171 gol, menjadi berkurang 161 gol pada Piala Dunia 2002 Korea/Jepang dan kemudian turun lagi pada Piala Dunia Jerman 2006 dengan total peroleh gol sebanyak 147 kali.

117 menit yang dibutuhkan Andres Iniesta untuk mengalahkan Belanda dengan gol tunggalnya, membuat satu kisah dramatis terbaru yang pernah terjadi di ajang grand final Piala Dunia.

39 tahun 330 hari adalah umur pemain paling senior yang mengikuti ajang Piala Dunia 2010 ini, yang dipegang oleh kiper Inggris, David James.
Sebagai pemegang rekor sebagai pemain tertua yang mampu mencetak gol di Piala Dunia 2010 ini adalah Cuauhtemoc Blanco dari Meksiko pada usia 37 tahun 156 hari.
Kristen Eriksen dari Afrika Selatan merupakan pemain termuda denga usia 18 tahun 120 hari.

31 kali melakukan solo run telah berhasil dicatat sebagai statistik terbanyak di Piala Dunia 2010 ini, dilakukan oleh Sergio Ramos, Spanyol, sebagai pemain yg menggiring bola paling produktif, dibawah angka tersebut terdapat Lukas Podolski dari Jerman dengan melakukan dribbling/solo run sebanyak 27 kali, Andres Iniesta (Spanyol) sebanyak 26 kali, David Villa dan Lionel Messi keduanya masing-masing melakukan solo run sebanyak 25 kali.

22 gol sebagai statistik tertinggi pencapaian gol yang tercetak, berlangsung di Stadion Green Point Cape Town paling banyak dibandingkan dengan 10 stadion lain di Afrika Selatan. Stadion Soccer City di Johannesburg menduduki peringkat kedua sebagai total gol yang tercetak di stadion tersebut yang mencapai angka 20 gol.

22 pemain, sebagai jumlah pemain terbanyak yang diturunkan oleh Jerman di Piala Dunia 2010 ini dari total 23 skuad yang dibawa. Slovenia, Selandia Baru dan Korea Utara hanya menurunkan 15 pemain sepanjang turnamen Piala Dunia 2010 ini.

19 pelanggaran merupakan raihan terbanyak yang dilakukan oleh Keisuke Honda dari Jepang selama perhelatan Piala Dunia 2010, diikuti oleh Sergio Ramos (Spanyol) dan Mark van Bommel (Belanda) yang masing-masing melakukan pelanggaran sebanyak 17 kali.

14 gol sebagai perolehan gol terbanyak yang telah dicetak oleh Miroslav Klose (Jerman) selama partisipasinya di Piala Dunia hanya terpaut 1 gol dengan Ronaldo yang masih memegang rekor pencetak gol sebanyak 15 kali.
Pencapaian 14 gol oleh Klose telah memecahkan rekor gol yang dicetak oleh legenda Jerman, Gerd Muller dengan total 13 gol.

14 kartu kuning dan 1 kartu merah sebagai pengoleksian kartu terbanyak yang terjadi di satu partai, yaitu partai final Piala Dunia 2010 antara Belanda melawan Spanyol. Lebih banyak dua kali lipat daripada pengoleksian kartu pada saat Argentina melawan Jerman Barat pada tahun 1986 dengan 6 kartu yang dikeluarkan oleh wasit.

12 gol yang telah dicetak dari kaki para pemain Bayern Muenchen yang ikut serta membela Jerman selama Piala Dunia 2010 Afrika Selatan ini ada perolehan gol terbanyak, yang otomatis membuat raksasa Bavaria (Bayern Muenchen) tersebut menjadi klub terbaik dan terbanyak yang menyumbang para pemainnya sebagai pemain tersubur dalam hal mencetak gol.
Klub Inter Milan selanjutnya berada pada urutan kedua dalam urusan sumbangan pemain yang mencetak gol di Piala Dunia 2010 ini dengan 9 gol tercipta dari kaki para pemain Inter Milan, sementara Atletico Madrid menyumbang 8 gol.
Perbandingan lain bahwa La Liga Spanyol mendominasi secara keseluruhan dengan 29 gol telah tercipta dari kaki para pemain yang berkiprah di La Liga, diikuti oleh Bundesliga Jerman dengan sumbangan 21 gol, Premier League Inggris hanya 12 gol tercipta dan dari seri A Italia, 16 gol telah tercipta.

9 jam dan 19 menit telah dicapai oleh Swiss sebagai tim yang sepanjang waktu tersebut tidak menerima kartu dari wasit, ditetapkan sebagai rekor baru pada Piala Dunia 2010, mematahkan rekor sebelumnya dipegang oleh Italia yang mampu bermain 'bersih' selama 9 jam 16 menit.

8 timnas yang kini berhasil meraih trofi Piala Dunia dengan tim yang ke-8 adalah Spanyol sebagai tim yang kali pertama mampu mengangkat trofi Piala Dunia dengan hanya sekali saja mampu melaju ke partai final Piala Dunia, uniknya Spanyol malah kalah di pertandingan perdana fase grup Piala Dunia 2010 dengan skor 0-1 melawan Swiss. Pun menjadi satu-satunya tim pertama dari Eropa yang mampu mengangkat trofi di luar benua Eropa.

6 kali melatih tim yang lolos ke Piala Dunia, sebagai pencapaian terbanyak sebagai pelatih diraih oleh Carlos Alberto Parreira. Sudah 5 tim yang ditangani oleh Parreira di seluruh ajang Piala Dunia yang pernah diikutinya. Urutan kedua dipegang oleh Bora Milutinovic dengan 4 kali melatih tim yang lolos ke Piala Dunia.

6 tim dari Eropa mampu mencapai babak perdelapanfinal Piala Dunia 2010 Afrika Selatan ini dan hanya tiga tim Eropa yang berhasil melaju ke perempat final.
Meskipun demikian, 5 wakil Amerika Selatan mampu lolos dari babak penyisihan dengan 4 tim sebagai pemuncak grup dan partai final terjadi antara kedua tim dari benua Eropa yaitu Belanda dan Spanyol.

3,18 juta total jumlah pendukung dari berbagai negara yang hadir di tribun dari 64 pertandingan yang diselenggarakan di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, hanya terpaut lebih sedikit dari rekor FIFA dengan jumlah 3, 59 juta pendukung yang pernah meramaikan Piala Dunia 1994 Amerika Serikat.

3 pemain yang berandil besar membawa timnya lolos di setiap babak knock-out Piala Dunia 2010, semenjak babak 16 besar sampai dengan final, yaitu David Villa, Andres Iniesta dan Carles Puyol. Sebelumnya, tidak pernah ada satu timnas pun dengan pemain lebih dari 4 orang yang mampu membawa negaranya menjuarai Piala Dunia dengan pencetak gol penentu kemenangan pada setiap babak. Yang sering terjadi, malah ada 1 sampai 2 orang saja menjadi ujung tombak sebagai pencetak gol penentu kemenangan.
Penghitungan secara keseluruhan, Spanyol hanya mampu melesakkan 8 gol sepanjang perhelatan Piala Dunia 2010 ini sebagai koleksi gol terendah dalam sejarah Piala Dunia yang akhirnya mampu menjadi juara dunia.

3 saudara yang berada dalam satu timnas telah dicapai oleh Jerry, Jhony dan Wilson Palacios dalam memperkuat Honduras di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan ini, merupakan rekor sejarah baru untuk jumlah saudara terbanyak yang ikut andil dalam satu kali Piala Dunia.

3 assist sebagai rekor assist tertinggi di Piala Dunia 2010 ini dilakukan oleh Kaka, Thomas Muller, Bastian Schweinsteiger, Dirk Kuyt dan Mesut Ozil.

2 negara yang pernah menjadi finalis Piala Dunia, namun pernah mengalami nasib buruk dalam Piala Dunia 1966 yaitu Cekoslovakia pernah tidak lolos dari babak kualifikasi dan Brasil kandas pada fase penyisihan grup.

2 kali seri dan 1 kali kalah dalam tiga pertandingan grup menjadikan penampilan Italia di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan adalah penampilan terburuk mereka selama keikutsertaannya dalam setiap Piala Dunia. Belum pernah Italia memenangkan pertandingan yang akhirnya Italia 'terbenam' di dasar klasemen akhir grup F. Marcello Lippi menjadikan tahun 2010 adalah tahun terburuk bagi sejarah pesepakbolaan Italia.

2 menit dan 39 detik adalah pencapaian gol tercepat yang terjadi di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Gol cepat itu dicetak oleh Thomas Muller kala Jerman mengalahkan Argentina dengan skor telak 4-0.

1 tim tercatat sebagai tim yang tak terkalahkan di Piala Dunia 2010 yaitu Selandia Baru, 3 kali mengalami seri. Namun sebenarnya statistik tersebut tertutupi oleh masih lebih baiknya prestasi Belanda dalam 14 pertandingan tak terkalahkan semenjak babak kualifikasi sampai dengan final Piala Dunia 2010 yang akhirnya Belanda kalah dari Spanyol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar