Rabu, 30 Januari 2013

Komputer Apple Pertama Yang Dilelang

 

KOMPUTER yang satu ini memang sudah terlihat usang dan sangat kuno. Tapi siapa sangka, komputer buatan tahun 1976 ini menjadi langkah awal dari sebuah raksasa teknologi bernama Apple, Inc.
Apple-1, komputer yang dirakit sendiri oleh Steve Wozniak, menjadi produk pertama Apple sekaligus pelopor hadirnya komputer dengan bentuk praktis di era modern.
Wozniak, co-founder Apple sekaligus rekan kerja Steve Jobs di perusahaan berlogo apel digigit itu, merangkai seluruh komponen Apple-1 dengan tangannya sendiri. Termasuk juga dengan komponen circuit board yang menjadi bagian terpenting dalam mesin canggih pada masanya itu.
Benda bersejarah itu dilirik balai lelang Sotheby’s. Seperangkat komputer Apple-1 yang terdiri dari circuit board, microprocessor, video terminal, keyboard interface, memory chips dan cassette interface.
Seperti dilansir Huffington Post, Sabtu (2/6), balai lelang Sotheby’s menaksir Apple-1 dapat terjual hingga $180.000 atau sekitar Rp.1,7 milyar.
Saat prototype Apple-1 diluncurkan di tahun 1976, Wozniak merancang perangkat ini dengan mengangkat sisi praktis dan sederhana. Apple-1 menggunakan komponen lebih sedikit dari para kompetitornya, sehingga terlihat lebih mudah untuk digunakan. Saat itu, Apple-1 dijual seharga $666,66 (sekitar Rp.6,3 juta), tergolong murah untuk pasarnya. Kesuksesan Apple-1 disusul oleh peluncuran Apple II, Apple III, hingga Apple Lisa yang mulai mempopulerkan istilah ‘mouse’, ‘icon’, dan ‘desktop’.
Menurut data yang dikumpulkan balai lelang Sotheby’s, dari 50 unit Apple-1 yang berhasil ditemukan hingga saat ini, tinggal enam unit yang masih dapat bekerja dengan baik.
Ini bukan kali pertama komputer Apple-1 dilelang. Sebelumnya, balai lelang Christie’s di Inggris pernah menjual Apple-1 seharga $210.000 atau nyaris Rp.2 milyar di tahun 2010 lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar