Selasa, 29 Januari 2013

Sepuluh Akademi atau Sekolah Sepakbola Terbaik Dunia

Tidak heran jika banyak bermunculan akademi atau sekolah sepakbola yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Akademi sepakbola merupakan 'kawah candradimuka' untuk bibit-bibit serta talenta muda yang nantinya akan menuntun mereka menapaki karir profesional di dunia sepakbola.

Dengan adanya akademi atau sekolah sepakbola ini maka regenerasi pemain-pemain sepakbola akan terus berlanjut.

Selain itu, akademi sepakbola ini juga menguntungkan klub dari segi prestasi dan finansial. Banyak pemain-pemain top yang lahir dari pembinaan dini yang dilakukan oleh akademi-akademi sepakbola dunia.

Berikut ini adalah 10 [sepuluh] akademi terbaik yang ada di dunia [dilihat dari pemain-pemain bintang yang mereka hasilkan].

1. Santos

Saat ini Santos menjadi klub besar di benua Amerika Selatan. Hal ini dikarenakan akademi sepakbola yang mereka miliki selalu mampu mengorbitkan pemain-pemain dengan skill di atas rata-rata.

Alumni Santos: Ganso [Santos FC], Neymar [Santos FC], Pele [mantan pemain timnas Brasil], Pita [pelatih Desportivo Brasil], Robinho [AC Milan]

2. Sporting Academy Alochete


Banyak legenda dan juga pemain-pemain terbaik Portugal yang lahir dari akademi milik klub Sporting Lisbon ini. Salah satu alumni dari sekolah sepakbola yang terletak di daerah Alochete ini adalah pemain terbaik di era modern yang saat ini bermain untuk Real Madrid, Crsitiano Ronaldo.

Alumni Sporting Academy Alochete: Cristiano Ronaldo [Real Madrid], João Moutinho [FC Porto], Luis Figo [mantan pemain timnas Portugal], Miguel Veloso [Dynamo Kyiv], Nani [Manchester United], Nuno Valente [mantan pemain timnas Portugal], Ricardo Quaresma [timnas Portugal], Simão Sabrosa [Espanyol]

3. Manchester United Academy

Akademi sepakbola milik Manchester United ini berkembang pesat di bawah kepemimpinan Sir Alex Ferguson. Melalui tangan dinginnya, akademi ini mampu melahirkan bakat-bakat luar biasa. Kemampuan Sir Alex mengkombinasikan pemain asli didikan akademi dengan pemain hasil transfer dari klub lain telah membawa United meraih kesuksesan di semua ajang yang mereka ikuti.

Alumni Manchester United Academy: Sir Bobby Charlton [mantan pemain timnas Inggris], David Beckham [Los Angeles Galaxy], Gary Neville [Staff Pelatih timnas Inggris], Mark Hughes [mantan pemain timnas Wales], Nicky Butt [mantan pelain timnas Inggris], Paul Scholes [Manchester United], Phil Neville [Everton], Ryan Giggs [Manchester United], Tom Cleverley [Manchester United]

4. La Masia

Kesuksesan Barcelona dalam menguasai Spanyol dan Eropa dalam beberapa tahun terakhir ini berawal dari akademi sepakbola mereka, La Masia. Akademi sepakbola ini mampu menyuplai pemain berteknik tinggi bagi skuad senior Barca.

Hal yang menarik dari La Masia adalah kebijakan mereka yang tidak mengesampingkan pendidikan formal para pesertanya. Tidak sedikit akademi sepakbola di dunia yang mengharuskan pesertanya berhenti sekolah formal di usia 15 tahun dan fokus ke dunia sepakbola. Namun di La Masia, para peserta juga diwajibkan menyelesaikan pendidikan formal mereka dan akan mendapat 'penalti' atau 'sanksi' jika tidak memperoleh nilai bagus.

Alumni La Masia: Andres Iniesta [Barcelona], Carles Puyol [Barcelona], Cesc Fabregas [Barcelona], Gerard Pique [Barcelona], Isaac Cuenca [Barcelona], Josep Guardiola [mantan pemain timnas Spanyol], Lionel Messi [Barcelona], Mikel Arteta [Arsenal], Pedro Rodriguez [Barcelona], Thiago Alcantara [Barcelona], Xavi [Barcelona]

5. Gremio

Klub Brasil ini mempunyai akademi sepakbola yang selalu mencetak pemain dengan talenta kel`s dunia. Akademi sepakbola milik Gremio ini pun sudah mendapat pengakuan resmi dari CBF [Federasi Sepakbola Brasil] sebagai akademi sepakbola terbaik di Brasil.

Alumni Gremio: Anderson [Manchester United], Eduardo Costa [Vasco da Gama], Emerson [mantan pemain timnas Brasil], Lucas Leiva [Liverpool], Ronaldinho [Atlético Mineiro]

6. El Semillero

Akademi El Semillero milik klub kecil asal Argentina, Argentinos Junior, ini memiliki tradisi menghasilkan bakat-bakat besar di dunia sepakbola. El Semillero memiliki reputasi bagus dalam hal pembinaan pemain muda di Argentina.

Alumni El Semillero: Fabricio Coloccini [Newcastle United], Diego Maradona [mantan pemain timnas Argentina], Fernando Redondo [mantan pemain timnas Argentina], Jose Pekerman [Pelatih timnas Kolombia], Juan Pablo Sorin [mantan pemain timnas Argetina], Juan Riquelme [Boca Juniors], Sergio Batista [Pelatih Shanghai Shenhua]

7. De Toekomst

Nama akademi milik raksasa Belanda ini, Ajax Amsterdam, mempunyai arti 'masa depan'. Ajax pernah merasakan kesuksesan di tingkat Eropa berkat pemain hasil didikan akademi ini. Filosofi sepakbola yang dipegang akademi De Toekomst adalah filosofi khas ala Belanda, yakni Total Football.

Alumni De Toekomst: Dennis Bergkamp [Asisten Pelatih Ajax Amsterdam], Edwin van der Sar [Direktur Pemasaran Ajax Amsterdam], Jan Vertonghen [Tottenham Hotspur], Johan Cruyff [mantan pemain timnas Belanda], Luis Suarez [Liverpool], Rafael Van der Vaart [Hamburg SV], Thomas Vermaelen [Arsenal], Wesley Sneijder [Inter Milan]

8. Castilla

Castilla merupakan akademi sepakbola milik klub raksasa Spanyol, Real Madrid. Akademi ini telah banyak mencetak pemain-pemain berteknik tinggi kelas dunia.

Namun terdapat fenomena unik di mana jarang sekali alumni Castilla yang akhirnya menjadi andalan dari Real Madrid. Hal ini terkait kebijakan klub yang lebih mempercayai bintang sepakbola hasil pembelian dari klub lain.

Alumni Castilla: Alvaro Arbeloa [Real Madrid], Emilio Butragueño [mantan pemain timnas Spanyol], Esteban Cambiasso [Inter Milan], Iker Casillas [Real Madrid], Guti [mantan pemain timnas Spanyol], Javi Garcia [Manchester City], Juan Mata [Chelsea], Rafael Benitez [Pelatih Chelsea], Raul Gonzalez [Al Sadd], Roberto Soldado [Valencia], Santiago Canizares [mantan pemain timnas Spanyol]

9. The Academy of Football

Sekolah sepakbola ini adalah milik klub English Premier League, West Ham United. Akademi ini selalu melahirkan pemain-pemain top sejak didirikan oleh Ted Fenton di dekade 50an.

Alumni The Academy of Football: Frank Lampard [Chelsea], Glen Johnson [Liverpool], Jermain Defoe [Tottenham Hotspur], Joe Cole [Liverpool], Michael Carrick [Manchester United], Rio Ferdinand [Manchester United]

10. Arsenal Academy

Akademi yang satu ini dikenal karena mampu mengembangkan bakat pemain muda yang mereka beli dari klub lain. Meski begitu, lulusan Arsenal Academy selalu menjadi andalan di skuad senior Arsenal dan membawa klub London Utara tersebut meraih banyak gelar bergengsi.

Alumni Arsenal Academy: Alex Song [Barcelona], Ashley Cole [Chelsea], Gael Clichy [Manchester City], Jack Wilshere [Arsenal], Nicklas Bendtner [Juventus], Paul Merson [Welshpool Town], Ray Parlour [mantan pemain timnas Inggris], Tony Adams [Pelatih Gabala FC]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar